SITAMPAN : Tambahan Penghasilan Pegawai Kota Padang Panjang

Bagikan Artikel :

Pegawai Negeri Sipil sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Padang Panjang diharapkan bekerja melayani masyarakat dengan baik, sepenuh hati dan sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi masing-masing. Demikian harapan yang ditumpangkan oleh pimpinan daerah Kota Padang Panjang kepada para ASN tersebut agar dapat melayani masyarakat dengan maksimal.

Untuk memotivasi dan penambah semangat para ASN tersebut diberikan Tambahan Penghasilan Pegawai yang selaras dengan kinerja yang telah dilakukan. Pemberian tambahan penghasilan ASN ini diukur dari kinerja setiap ASN yang berorientasi pada peningkatan prestasi kerja dan pengembangan kompetensi pegawai. Untuk terwujudnya transparansi penggunaan anggaran pemerintah, pengukuran kinerja ASN ini tidak serta merta langsung diberikan, melainkan dengan menggunakan Sistem Informasi Tambahan Penghasilan ASN (SITAMPAN). Kehadiran SITAMPAN merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama pemerintah Kota Padang Panjang dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada bulan Mei 2017 dalam rangka pemberantasan korupsi di lingkungan ASN.

Besaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang diterima setiap bulannya bervariasi, berdasarkan indikator yang harus dipenuhi oleh ASN pada aplikasi SITAMPAN. Indikator tersebut adalah kehadiran dan kinerja, indikator kehadiran dipertimbangkan berdasarkan jumlah hadir, sakit, cuti, izin, Tanpa Alasan Sah (TAS), terlambat masuk kantor, cepat pulang dari jadwal yang semestinya, dan menghadiri kegiatan yang dipersyaratkan seperti apel, wirid, senam dan upacara. Sedangkan indikator kinerja seorang ASN dinilai dari unsur penilaian prestasi kerja berdasarkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan perilaku kerja, unsur Lembar Kerja Harian (LKH), dan unsur ketersediaan SOP. Selain indikator yang harus dipenuhi, besaran TPP yang diterima oleh ASN tergantung dari formulasi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Walikota Padang Panjang berdasarkan persentase kehadiran dan kinerja yang berbeda, untuk jabatan eselon II persentase 50:50, jabatan eselon III, IV dan pejabat fungsional persentasi kehadiran 70 dan kinerja 30 persen. Besaran nilai TPP yang diterima juga tergantung dari kelompok jabatan yang dibedakan menurut jabatan eselon II, III, IV, dan V. Unsur Staf juga dibedakan menurut kelompok jabatan fungsional dan golongan.

SITAMPAN merupakan aplikasi yang dibangun dan dikembangkan oleh Dinas Komunikasi & Informatika Kota Padang Panjang berbasis online yang bisa diakses melalui komputer, laptop atau smartphone. Untuk mengisi LKH setiap ASN dapat mengisi secara online dimana saja baik di kantor maupun ketika berada di lapangan, dengan catatan perangkat yang digunakan terhubung dengan internet. Untuk mengakses SITAMPAN harus masuk menggunakan username dan password yang telah disiapkan oleh admin SITAMPAN.

Untuk mengakses SITAMPAN melalui komputer atau laptop dapat menggunakan link ini. Pengguna smartphone berbasis android dapat mendownload aplikasi melalui alamat ini.

 

loading…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.