Potensi Agro Wisata Di Kota Padang Panjang Ditinjau Dari Aspek Kesehatan

Bagikan Artikel :

Kota Padang Panjang merupakan kota kecil yang terletak dijantung provinsi sumatera Barat. Kota ini memiliki luas wilayah hanya 23 Km persegi, terdiri dari 2 kecamatan dan 16 kelurahan. Kota Padang Panjang terletak di persimpangan menuju Kota Padang dari Bukittinggi dan Batusangkar. Kota Padang Panjang memiliki hawa sejuk karena terletak di antara gunung marapi, singgalang, tandikek dan bukit tui. Hawa sejuk ini merupakan salah satu keuntungan bagi masyarakat yang berprofesi petani sehingga produksi pertanian Padang Panjang berkualitas baik dan sudah cukup dikenal di wilayah Provinsi Sumatera Barat dan sekitarnya.

Sebagai kota kecil Padang Panjang sudah cukup dikenal dengan wisata sejarah melalui PDIKM, Wisata air melalui Pemandian dan Kolam Renang Lubuk Mata Kucing dan Mifan, Wisata Kuliner melalui Sate dan Soto. Harapan untuk mewujudkan Kota Padang Panjang sebagai kota tujuan dan tidak hanya sebagai kota persinggahan dapat dilakukan dengan upaya menjadikan Kota Padang Panjang sebagai Kota Destinasi Wisata yang terintegrasi dengan Provinsi Sumatera Barat sebagai Provinsi Wisata Halal.

Harapan Padang Panjang sebagai kota destinasi wisata dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan kesempatan berusaha dan lapangan pekerjaan, meningkatkan edukasi dan peran serta masyarakat, dan peningkatan pendapatan asli daerah Kota Padang Panjang. Adapun potensi wisata yang dapat dikembangkan sebagai ikon Destinasi Wisata Padang Panjang adalah Agro wisata berbasis Masyarakat.

Agro wisata berbasis masyarakat adalah rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai objek wisata, yang meliputi produksi pertanian dan pemandangan alam pertanian serta budaya pertanian masyarakatnya termasuk sektor peternakan. Agro wisata yang dapat dikembangkan di masyarakat adalah :

  1. Budidaya Sayuran Organik

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kesehatan, saat ini masyarakat sudah mulai menyadari arti penting kesehatan. Badan yang sehat menciptakan jiwa yang sehat dan melahirkan generasi cerdas berkualitas. Sayuran non organik yang dikonsumsi berpotensi memperburuk kesehatan seseorang yang berakibat peningkatan penyakit tidak menular seperti kanker, hipertensi, stroke dan lain-lain. Sayuran organik sangat penting untuk kesehatan dalam rangka mencegah perkembangan zat radikal bebas dalam darah, sehingga berpotensi untuk peningkatan kesehatan masyarakat.

Budidaya Sayuran organik sudah dimulai oleh beberapa petani di Padang Panjang, namun kesulitan dalam pemasaran. Seringkali masyarakat menganggap sayuran organik adalah sayuran murah dan tak berkualitas. Namun di daerah Batu, Jawa Timur Sayuran Organik telah mendapatkan tempat di hati masyarakat yang dihargai paling kurang 2 kali lipat dari harga sayuran non organik. Budidaya Sayuran Organik dapat dilakukan oleh setiap masyarakat yang memiliki lahan atau dengan pemanfaatan lahan pekarangan.

Lembaga yang berperan dalam budidaya sayuran organik ini adalah Dinas Kesehatan melalui edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya manfaat sayuran organik bagi kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian membantu masyarakat dalam hal pembibitan, Pemupukan, sampai panen dan purna panen. Dinas Perdagangan, pariwisata bersama kominfo berperan dalam hal memasarkan produk sayuran organik.

  1. Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) Organik

Daerah lain dengan ikon buah-buahan banyak, tapi belum ada yang unik/khas dari daerah tersebut dengan ikon kota buah organik. Kota Padang Panjang yang beriklim sejuk tak tertutup kemungkinan menjadikan kota ini sebagai kota buah organik. Sama halnya dengan sayuran organik, buah-buahan sebagai sebagai zat pembangun dalam gizi berperan mencegah penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kenapa Tabulampot?

Masih banyak masyarakat Kota Padang Panjang yang belum memanfaatkan lahan pekarangan menjadi salah satu usaha peningkatan pendapatan keluarga. Tabulampot sangat besar perannya dalam percepatan pembentukan buah pada tanaman buah karena zat hara semata-mata diperuntukan untuk tanaman buah dalam pot tersebut. Dibanding buah yang ditanam di tanah proses pembentukan buah dalam pot lebih cepat rata-rata dengan masa perbandingan 1 : 2. Hal ini akan mempercepat masa panen buah.

Budidaya tabulampot organik bisa menjadikan ikon wisata baru bagi Kota Padang Panjang dengan memberdayakan masyarakat dan pembinaan yang komprehensif oleh pemerintah Kota Padang Panjang.

  1. Budidaya Tanaman Stroberi Manis

Budidaya stroberi sudah banyak di daerah lain bahkan di daerah penyangga/sekitar Kota Padang Panjang juga banyak. Setiap orang tahu bagaimana rasa stroberi yakni asam. Tetapi Kita mampu membuat Rasa Stroberi menjadi sangat manis. Jikalau Budidaya Stroberi Manis terwujud akan menjadikan Padang Panjang menjadi daerah yang unik dalam dunia stroberi. Budidaya stroberi ini bisa menggunakan lahan terbuka, lahan pekarangan, polybag atau dengan model vertical garden. Stroberi mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Dibutuhkan komitmen yang serius dari pemerintah kota untuk mewujudkan ikon wisata stroberi manis ini agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Untuk merasakan buah stroberi yang full manis hanya ada di Padang Panjang.

  1. Budidaya Tanaman Obat

Dewasa ini pengobatan tradisional sudah menjadi elemen penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Tanaman obat saat ini sudah menjadi tren di masyarakat dan sudah mulai mengaplikasikan dalam pengobatan baik pengobat tradisional maupun pengobatan modern. Banyak jenis tanaman obat yang bisa membantu peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Saat ini melalui dinas kesehatan sudah berjalan edukasi pemanfaatan tanaman obat dan perbanyakan jenis-jenis tanaman obat di masyarakat. Dapat kita lihat kelompok-kelompok dasa wisma di masyarakat pada umumnya sudah memiliki Lokasi khusus tanaman obat. Hal yang telah berjalan ini bisa dikembangkan dan ditingkatkan lagi dengan menjadikan Kota Padang Panjang sebagai destinasi wisata tanaman obat. Harapan ini bisa terlaksana dengan komitmen penuh dari Pemko Padang Panjang melalui OPD terkait dan budidaya tanaman obat ini bisa menjadi salah satu usaha masyarakat dalam peningkatan pendapatan keluarga.

Dalam mendukung wisata kuliner yang telah ada di Kota Padang Panjang perlu dilakukan pemeriksaan bahan makanan secara berkala di laboratorium. Demi peningkatan pendapatan asli daerah tidak salah rasanya Pemko Padang Panjang mendirikan Laboratorium Kesehatan Daerah, labor ini bisa sormasi kesehatan, ebagai asset devisa daerah terkait dengan pemeriksaan air, bahan makanan dan limbah.

Penulis : Yulia Desmon, SKM, M.CIO

Munafie
loading…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.