Cara Ibu Hamil dan Janin Sehat – Cerdas

Bagikan Artikel :

Memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orang yang hidup berkeluarga. Perasaan bahagia akan terpancar dari suami dan istri yang memiliki anak-anak yang sehat dan cerdas. Hal tersebut bisa terjadi jika keluarga-keluarga menjalani kehidupan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Demi mewujudkan keluarga impian yang sehat dan cerdas bisa dimulai sejak janin masih dalam kandungan sang ibu. Ibu hamil yang sehat serta merta akan melahirkan bayi yang sehat pula. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan agar nantinya melahirkan bayi yang sehat dan cerdas.

Kita sebagai suami, ibu, bapak, adik, kakak, mertua ataupun sehabat bisa mewujudkan keluarga impian tersebut dengan memberikan dukungan, motivasi, mendampingi, dan memberi semangat pada setiap ibu hamil agar selalu menjaga janin dalam kandungannya tetap sehat sampai melahirkan.

Adapun cara menjaga ibu hamil dan Janin agar tetap sehat dan cerdas dapat dilakukan jika menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti berikut :

  1. Selalu menjaga kebersihan diri.

Menjaga kebersihan diri bisa dilakukan dengan mandi, membersihkan payudara dan daerah kemaluan. Biasakan mencuci rambut minimal 2-3 hari sekali dan selalu cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

  1. Makan lebih banyak daripada biasanya.

Ibu hamil memiliki kebutuhan gizi ganda untuk ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Maka perbanyak makan buah dan sayur dan lengkapi dengan memakan lauk pauk seperti ikan.

  1. Istirahat yang cukup.

Kehamilan membutuhkan tenaga yang ekstra karena membawa beban yang tidak seperti biasa sebelum ibu mengandung. Jangan lakukan aktivitas fisik yang berlebih yang menyita waktu istirahat. Ibu hamil haruslah memiliki waktu istirahat yang cukup seperti tidur malam sedikitnya 6-7 jam dan pada siang hari usahakan istirahat/berbaring 1-2 jam. Istirahat siang hindari diwaktu pagi dan sore hari pada saat nyamuk aedes aegypty penyebab penyakit demam berdarah menggigit manusia atau gunakan kelambu.

  1. Melakukan aktifitas fisik.

Aktifitas fisik yang dilakukan untuk ibu hamil adalah olah raga ringan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan janin seperti berjalan kaki 30 – 60 menit setiap hari dan melakukan senam hamil. Hindari aktifitas fisik yang berlebihan.

  1. Bersama suami melakukan stimulasi janin.

Ransangan terhadap janin yang sedang dalam kandungan dapat dilakukan ibu hamil bersama suami dengan cara berbicara dengan janin sejak hamil muda dan lakukan sentuhan dengan cara mengusap perut sang ibu dengan lembut.

  1. Memeriksakan kehamilan secara teratur.

Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke fasilitas pelayanan kesehatan, jika ada keluhan, kelainan atau sakit segera minta pertolongan kepada bidan/dokter.

Demikianlah cara untuk mmewujudkan keluarga impian dengan menjaga ibu hamil dan janinnya agar tetap sehat dan tumbuh cerdas, semoga melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas…amin.

loading…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.