Apakah Yang Dikatakan VAKSIN?


Bagikan Artikel :

Kita sering kali mendengar kata-kata imunisasi, vaksin… Pandangan kita bahwa setiap anak yang mendapat vaksin akan memperoleh kekebalan terhadap penyakit. Namun tak jarang masyarakat tidak menginginkan anaknya diberi imunisasi, dengan mengemukakan alasan-alasan tertentu.

Menurut pengertiannnya, vaksin adalah antigen yang berupa bibit penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan bisa bakteri, virus atau ricketsia, bisa juga berupa toksoid dan rekayasa genetika (Rekombinan). Jika vaksin diberikan kepada manusia maka akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksin bisa digolongkan berdasarkan:

A. Asal Antigen (Immunization Essential). Yang termasuk golongan ini adalah :

1. Berasal dari bibit penyakit yang dilemahkan (Live attenuated). Yang berasal dari golongan virus adalah Polio (OPV), Campak, Yellow Fever. Sedangkan dari bakteri adalah BCG.

2. Berasal dari bibit penyakit yang dimatikan (Inactived). Vaksin yang tergolong bibit penyakit yang dimatikan seluruhnya adalah dari golongan Virus yaitu IPV  (Injectable/Inactived Polio Vaccine = Polio Injeksi) dan Rabies). Golongan yang dimatikan sebagian juga dikelompokkan pada berdasarkan protein (Aseluler Pertusis, Toxoid : DT)  dan berdasarkan polisakarida (Murni : Meningococal dan Gabungan : Hib = Haemofilus Influenza tipe B).

3. Rekombinan (Rekayasa Genetika), seperti Hepatitis B.

B. Sensitivitas Terhadap Suhu

1. Vaksin yang peka terhadap suhu dingin Dibawah 0 degC yaitu vaksin FS (Freeze Sensitive=Sensitif Beku), seperti : Hepatitis B (dalam kemasan vial atau PID = Prefill Injection Device), DPT, DPT-HB, DT, dan TT.

2. Vaksin yang peka terhadap suhu panas berlebih (> 34 degC), yaitu vaksin HS (Heat Sensitive=Sensitif Panas), seperti : BCG, Polio dan Campak.

Demikian saja pemaparan tentang vaksin.., di kesempatan lain akan kami paparkan berbagai hal yang mempengaruhi umur suatu vaksin dan jenis-Jenis vaksin. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Keterangan : degC = baca derajat Celcius (karena penulisan artikel ini dengan smartphone).

loading…


2 comments

  1. betul juga mbak…, kita semua dapat berupaya mengedukasi masyarakat terkait dengan manfaat dan pentingnya imunisasi terhadap kesehatan generasi penerus..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *